Jumat, 09 November 2018

Kata-Kata Unik Yang Dimiliki Oleh Orang Jember (Pandhalungan)

Kata-Kata Unik Yang Dimiliki Oleh Orang Jember (Pandhalungan) - Haii temen-temen kali ini saya akan membagikan tentang kata-kata yang sering diucapkan oleh orang Jember, saya bukanlah orang kelahiran Jember asli tetapi saya sudah tinggal di Jember sekitar hampir 8 tahun , pada awal saya pindah ke Jember saya tidak mengerti maksud dari kata-kata yang orang Jember ucapkan dan mengira kata-kata tersebut sedikit lucu pada saat pengucapannya tetapi sekarang saya sedikit sudah mengerti arti kata-kata yang sering tersebut.

Jember Budaya Pandhalungan - Nahh sebelum saya melanjutkan kata-kata unik yang sering diucapkan oleh orang Jember, saya akan memberikan sedikit informasi tentang Budaya yang dimiliki oleh Jember atau apasih kearifan lokal yang dimiliki Jember itu, Nahh Jember sendiri memiliki Budaya Pandhalungan (wadah besar) yang dimaksud wadah besar disini adalah tempat yang menampung/mewadahi kebudayaan yang sudah ada, Kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada di Jember itu ada 3 unsur yaitu Jawa, Madura dan Osing. Jadi Budaya Pandhalungan Jember adalah budaya yang mempunyai 3 unsur pembentuk. 

Bahasa Yang Teradaptasi - Sebenarnya kebanyakkan orang Jember berkomunikasi antar sesama menggunakan bahasa Madura dan juga tidak sedikit yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa untuk berkomunikasi tetapi menurut saya orang Jember tidak banyak yang biasa menggunakan bahasa Osing untuk berkomunikasi sehari-hari. Nahh dikarenakan Jember mempunyai budaya yang dipengaruhi oleh 3 unsur kebudayaan tersebut maka dari situlah Jember mempunyai bahasa Jember sendiri yang unik dan biasanya orang Jember  dalam berkomunikasi mencampur bahasa indonesia dengan bahasa madura dalam kalimat yang diucapakannya, dari situ jadi menambah keunikan yang dimiliki oleh kota Jember 

Kata-kata Unik Jember - Kata-kata yang dimiliki oleh budaya Pandhalungan disini sangatlah unik karena dipengaruhi oleh 3 unsur dan bahkan bagi saya yang bukan orang Jember asli merasa kata itu sedikit lucu. Inilah kata-kata unik yang dimiliki oleh Jember :
  • Cek - kata cek disini bukanlah bukti pembayaran pada umumnya tetapi kata "Cek" yang sering diucapkan orang Jember disini memiliki arti "sangat atau sekali". Contoh : "sepatu iku cek larange" yang berarti "sepatu itu sangat mahal" atau "sepatu itu mahal sekali"
  • Mak tager - kata ini sering sekali diucapkan saat orang Jember berkomunikasi yang berarti "kok gitu atau kok sampai gitu". Contoh : "mak tager ngunu nulisnya" yang artinya "kok sampai gitu menulisnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar